Kamis, 08 November 2012

Sudut-Sudut Istimewa Trigonometri

Sudut-Sudut Istimewa Trigonometri

Ah ternyata belajar matematika itu memang menyenangkan. Ketika berniat menulis tentang materi ini lalu saya mencoba browsing. Dan ... wow! Ada demikian banyak referensi sehingga rasanya seperti dimanjakan. Mari kita lihat gambar berikut:
Nah, gambarnya lucu kan? Seperti sebuah tangga nada
Nilai sudut-sudut istimewa dengan mudah dapat diingat bila mengetahui permainan jari ini.Terlebih dahulu kita tentukan nilai sudut fungsi sin. Perhatikan kelima jarimu dan berikan tanda pada kuku-kukumu dengan ketentuan:

  • Jari kelingking diberi tanda sudut 0 derajat dan angka 0
  • Jari manis diberi tanda sudut 30 derajatdan 1
  • Jari tengah diberi tanda sudut 45 derajat dan angka 2
  • Jari telunjuk diberi tanda sudut 60 derajatdan angka 3
  • Serta ibu jari diberi tanda 90 derajat dan angka 4
Perhatikan pasangan angka pada masing-masing jari.Untuk setiap angka n tentukan nilai akar pangkatnya lalu kalikan dengan 1/2 sebagai contoh;
    untuk angka 0, akar 0 dikalikan dengan (1/2) hasilnya 0
karena angka 0 dan sudut 0 derajat pada jari kelingking maka nilai fungsi sin 0 = 0
    untuk angka 1, akar 1 dikalikan (1/2) hasilnya (1/2)
karena angka 1 dan sudut 30 derajat pada jari manis maka nilai fungsi sin 30 derajat = (1/2) ... demikian selanjutnya untuk sudut 45, 60 dan 90 derajat silahkan berlatih. Mudah kan ...
Selanjutnya untuk menentukan nilai cosinus lebih mudah lagi. Bila pada fungsi sinus nilainya masing-masin dimulai dari 0, 1/2, 1/2 akar 2, 1/2 akar 3 dan 1 maka untuk menentukan nilai fungsi cosinus tinggal membalik angkanya yaitu dimulai dari 1, 1/2 akar 3, 1/2 akar 2, 1/2 dan 0.

Sedangkan tangensial adalah hasil bagi fungsi sinus dan cosinus. Untuk mengecek latihanmu, berikut ini adalah tabel sudut-sudut istimewa fungsi Trigonometri:


2 komentar: